Saturday, July 14, 2018

Amradul Ummah Fid Da'wah (Penyakit Umat Dalam Dakwah)

Keadaan umat di dalam dakwah islamiyah menunjukkan sesuatu yang kurang menggembirakan. Perkara ini dibuktikan dengan banyaknya umat yang mengalami kekosongan jiwa dan kehilangan pegangan hidup sehingga menampilkan dakwah yang dibawanya sesuatu yang tidak efektif.

Persoalan ummah disebabkan karena dakwah yang tidak berjalan atau kurang berkesan. Dakwah dan jihad ini adalah sebagai penyokong dan atap bagi akhlak dan ibadah yang akan di bangun secara baik sehingga rumah islam ini dapat di bangun secara baik Tanpa dakwah maka permasalahan akan bermunculan secara bertahap dan kemudian memuncak keatas diri ummat islam. Masalah ummat karena dakwah tidak berkesan salah satunya disebabkan oleh permasalah pembawa dakwah itu sendiri yang senantiasa ada mengiringi dakwah dan persoalan yang di sebabkan oleh keadaan semasa sebagai respon dan kesan keadaan sebelumnya dan keadaan akan datang.

Persoalan yang selalu muncul adalah persoalan mengenai manusia, persoalan ini selalu ada selama manusia ini tetap hidup dan bersama dakwah. Dari zaman Nabi Adam AS hingga sekarang, keadaan manusia adalah isu permasalahan utama yang tidak pernah habis dan tak kunjung padam. Masalah yang perlu dihadapi adalah bagaimana kita menghadapi keadaan manusia ini dengan baik dan dapat mengatasi pernasalahan sebagai sarana meningkatkan kualitas dan ketahan diri. Beberapa persoalan manusia ini adalah masalah kejiwaan manusia yang unik dan mudah berubah mengikuti keadaan dan suasana, kecenderungan peribadi ke arah tertentu, masalah watak yang beragam, pengaruh syahwat dan keadaan instink manusia.

Keadaan sekarang yang merupakan masalah yang ada pada realitas saat ini berdasarkan kepada persoalan-persoalan sebelumnya seperti akibat dari sisa masa penyelewengan, penyakit dari penjajah dan adanya kekuatan yang menantang. Dari permasalahn ini akan mewarnai bagaimana keadaan dan masalah ummat sekarng ini. Pertimbangn kepada isu ini merupakan suatu yang penting bagi menjalankan dakwah yang benar dan baik di tengah kancah perjuangan yang banyak dipengaruhi banyak faktor.

Sebahagian dari negara dan masyarakat islam barulah lepas dari keadaan yang dikuasai oleh diktator yang kejam dan raja yang tidak menjalankan islam, juga berbagai keadaan yang muncul sebelum seperti pengaruh aliran sesat atau dakwah yang membawa kehancuran seperti dakwah yang berorientasikan kepada jihad senjata, dakwah sebelumnya yang membawa kesan dan imej yang negatif, dan kekuasaan yang menjadikan muslim tidak mengerjakan amalan islam termasuk sholat.

Penyakit ummat yang juga bisa disebabkan karena munculnya suatu kekalahan dan kehancuran islam seperti pada berbagai lembaga-lembaga kekufuran seperti mahkamah, hukum jahiliyah, sistem pentadbiran dan juga berbagai aturan yang dilembagakan seperti persaingan usaha; penjajah juga meninggalkan keterbelakangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang sengaja diciptakan oleh penjajah sehingga menjadikan umat semakin bodoh; penjajah juga menjadikan ummatsalah berfikir atau mempunyai pemikiran yang tidak betul dan kejiwaan yang menyertainya tidak normal seperti rasa rendah diri dan tidak percaya diri. Keadaan ini menjadikan ummat islam di dominasi oleh musuh-musuh islam.

Selain itu juga ada Kekuatan-kekuatan yang menentang terhadap dakwah islam sangat banyak di dalam masyarakat sekuler saat ini. Kepentingan-kepentingan sekuler merasa tidak terjaga apabila islam berjaya. Keinginan hawa nafsu mereka tidak akan tersalurkan dengan tegaknya dakwah islam sehingga mereka berusaha mati-matian menentang kekuatan islam dan memadamkan dakwah islam.

Kekuatanyang menentang ini dirancang dengan perencanaannya dan sarana yang bak. Mereka melakukan perang jahiliyah yang disusun rapi.

Akibat kekuatan ini adalah ummat islam seperti buih yang ringan timbangannya dan mengikuti arus. Pengenalan kepada penyakit yang menjangkit umat di dalam dakwah supaya dapat menyadarkan kita kepada keadaan yang sebenarnya dan memerlukan kita untuk memakan ubat walaupun pahit dan tidak sedap agar dakwah dapat berjalan dengan baik. Persoalan manusia yang selalu menyertai dakwah ini dan persoalan semasa akan menjadikan ummat bodoh kepada islam.

Selain, halangan dan rintangan dari luar, dari dalam diri umat islam juga terdapat beberapa penyakit yang membuat dakwah itu berjalan lambat, kejayaan Islam sulit dicapai. Maka perlu suatu usaha perbaikan atau islah terhadap keadaan ummat dan dakwah saat ini, sehingga Ummat dan Islam memiliki daya tawar yang tinggi dalam percaturan dunia internasional.

Ada ungkapan, bila dai adalah dokter, maka Umat adalah pasiennya. Namun apa yang terjadi jika dokter salah dalam mengobati? Alih-alih sembuh, pasien malah bertambah parah sakitnya. Demikian halnya dalam dakwah tidak mencapai tujuannya. Salah satu bentuk kesalahan tersebut adalah ketika di dalam diri dai berkembang penyakit mental (ma’nawiyah), antara lain:

Ada 2 pembagian penyakit dakwah berdasarkan aspeknya :

1. Penyakit penyakit dakwah terkait dengan ma'nawiyah (moral)

Sikap Reaktif (Infi’aliyyah)

Sikap reaktif diperlihatkan dengan Dakwah yang hanya memberikan reaksi karena aksi pihak lain. Dakwah ini adalah dakwah yang tidak menyentuh substansi
permasalahan dan dia bersifat temporer, karena ia akan bergerak
setelah ada aksi pihak lain. Dan biasanya dakwah ini tidak terencana
dan tidak memiliki program tersendiri, setelah efek dari aksi pihak
lain berhenti, dia juga selesai.

Seorang dai dikatakan reaktif jika setiap gerakannya tidak berangkat dari tujuan dan sasaran; tidak berdasarkan tahapan-tahapan; dan tidak menggariskan langkah-langkah yang jelas. Akibatnya, semua manuvernya tak lebih dari sekedar reaksi terhadap kondisi yang muncul saat itu atau terhadap isu yang dianggap aktual. Dengan kata lain, dakwah yang Infi’aliyyah adalah dakwah yang tidak berpijak pada manhaj (sistem) yang jelas. Padahal Allah telah menegaskan pentingnya manhaj yang jelas itu dalam firman-Nya :

 “Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS. Yusuf [12]: 108).

Untuk bisa bekerja berdasarkan manhaj, dibutuhkan satu syarat; kesabaran. Dalam surat Al-Ashr telah dinyatakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, semua orang dalam keadaan merugi dari waktu ke waktu kecuali hamba tersebut senantiasa bersabar di dalam saling mengajak semua manusia untuk taat kepada Allah. Terkadang kita ingin sekali hidayah datang saat ini juga ketika telah berdakwah. Pada hakikatnya, kerja dakwah adalah kerjanya Allah dan mustahil Allah gagal dalam pekerjaan-Nya.

Kuatnya Figuritas (Wijahiyyah)

Telah banyak kericuhan terjadi akibat figuritas ini. Bayangkan, seseorang menolak kebenaran hanya karena kebenaran hanya karena kebenaran itu bukan disampaikan oleh orang yang dia jadikan figur. Sebaliknya, dia pasti akan menerima apa pun yang disampaikan oleh orang yang menjadi figurnya, betapapun nyata-nyata salah menurut Qur’an dan Sunnah.

Figuritas dapat memunculkan tradisi taqlid (sikap membebek). Sikap yang kemudian berkembang adalah kecintaan pada tokoh, bukan pada Islam. Berjuang karena figur dan bukan keikhlasan. Pada waktu bersamaan, pembelaan terhadap Islam melemah.

Islam memerintahkan kita taat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Pada waktu bersamaan, Allah juga memerintahkan agar pengorbanan dan perjuangan dilakukan karena-Nya, bukan karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ini ditegaskan dalam Al-Qur’an, “Muhammad itu tiada lain hanyalah seoang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya rasul-rasul. Apakah jika ia wafat atau terbunuh, kalian akan berbalik ke belakang (murtad)?” (QS. Ali Imran [3]: 144)
Da’wah yang hanya mengharapkan hadirnya seorang figur dan da’wah seperti ini tidak akan langgeng. Dalam Hadistnya Rasulullah berwasiat ketika haji wada’ “Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

“Aku tinggalkan dua perkara untuk kalian. Selama kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Dan tidak akan terpisah keduanya sampai keduanya mendatangiku di haudh (Sebuah telaga di surga, Pen.).” (HR. Imam Malik secara mursal (Tidak menyebutkan perawi sahabat dalam sanad) Al-Hakim secara musnad (Sanadnya bersambung dan sampai kepada Rasulullah ) – dan ia menshahihkannya-) Imam Malik dalam al-Muwaththa’ (no. 1594), dan Al-HakimAl Hakim dalam al-Mustadrak (I/172)., ini berarti Rasulullah mendidik untuk berorientasi kepada program bukan kepada figur. Da’wah seperti ini banyak menimbulkan masalah karena jika figur dalam organisasi da’wah tersebut menghilang maka tercerai belahlah da’wah itu. selain itu dakwah model ini biasanya akan memunculkan kultus individu yang sedemikian kuat, sehingga dari kultus inidividu inilah akan timbul penyakit penyakit lain yang tidak kalah
berbahayanya. Seperti tidak akan mendengar kan dakwah dari pihak lain
selain dari ustadz, kyai, guru atau syaikhnya.

Bagaimana solusi mencari figuritas dizaman sekarang ini yang dapat dijadikan tauladan selain Rasullah? Pada Qs. Al Ahzab : 21 menjelaskan bahwa pada diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang terbaik, ini berarti hanya Rasulullah yang patut dijadikan tauladan yang tidak mempunyai sisi kelemahan sedangkan dizaman sekarang ini jika ditemukan figur yang dijadikan tauladan pasti akan ditemukan ketidak sempurnaan. Sekarang ini tidak dapat diharapkan individual leader tetapi yang harus ada adalah kolektif leadership yang terdiri dari beberapa sosok yang saling mengisi. Seperti yang dikatakan oleh Imam Hasan Al Bana Sesungguhnya sebaik-baiknya Qiyadah (pemimpin) adalah jika dalam hal istifadah ilmiah (pemanfaatan keilmuannya) dia seorang ustad, dalam hal ribatil qulb (keterikatan hatinya) dia seorang ayah, dalam hal tarbiyah ruhiyah dia seorang syekh dan dalam hal siasia da’wah dia seorang panglima.

Merasa Paling Hebat (I’tizaziyyah)

Dakwah ini bersifat bahwa hanya kelompok dakwahnyalah yang terbaik
sehingga para anggota kelompok dakwah tersebut merasa ujub (paling
hebat) dan mengakibatkan tidak dapat melihat kekurangan dan kelemahan
dirinya. Dakwah ini juga menyebabkan anggotanya ghurur (terlena).

Firman Allah dalam Al Quran : “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Luqman : 18)

Dakwah seharusnya mengarahkan orang pada sikap tawadhu (rendah hati). Bila seorang dai sejak awal merasa paling hebat dan dakwahnya paling benar, yang akan tumbuh adalah sikap sombong dan takabur, serta memandang orang lain dan gerakan dakwah lain tidak artinya.

Perasaan selalu nomor satu adalah penyakit yang ditularkan Iblis. Iblis merasa hebat dengan sesuatu yang sebetulnya bukan parameter kehebatan. Refleksi I’tizaziyyah dalam dakwah hadir dalam berbagai bentuk. Bentuk yang sering muncul, keengganan menjalin kerja sama dalam suatu proyek dakwah. Bahkan merasa bisa melakukan dakwah sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal lain yang kerap timbul juga, klaim kebenaran mutlak untuk diri dan kelompak sendiri serta kesalahan mutlak untuk orang lain. Sering kali dalam bentuk pengelompokan dan “pengkavlingan” negeri akhirat. Siapa yang mengikutinya “ditempatkan” di surga dan yang tidak mendukung ia “masukkan” ke neraka. Seolah ia telah dititipi kunci surga oleh Allah.

Hadits ke-74 : Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa menganggap besar dirinya dan bersikap sombong dalam berjalan, ia akan menemui Allah dalam keadaan amat marah kepadanya." (Riwayat Hakim dan para perawinya dapat dipercaya)

Merendahkan dan Menafikan Kebaikan yang Lain (Intiqashiyyah)

Dakwah yang selalu mengecilkan atau meremehkan pihak lain sehingga organisasi organisasi dakwah yang lain tidak dianggap mitra dakwahnya. Penyakit dakwah
seperti ini biasanya seiring dengan sifat dakwah Al Itijaziyah.


Bagaikan dua sisi mata uang, bangga dengan diri sendiri selalu bersanding dengan sikap merendahkan orang lain. Jika ini yang berkembang, ada dua kemungkinan yang muncul saat melihat keberhasilan orang lain, yaitu dengki dan menafikan keberhasilan itu.

Dengki maupun sikap menutup mata terhadap keberhasilan yang dicapai orang pada dasarnya sama, yaitu tidak mensyukuri karunia Allah karena karunia itu tidak turun kepada dirinya. “Katakanlah dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan,” (QS. Yunus [10]: 58).

Akibat sikap infi’aliyah (reaksioner), wijahiyyah (orientasi figur), i’tizaziyyah (merasa kuat), energi dakwah akan banyak terkuras untuk merespons berbagai kasus, peristiwa, perkembangan politik, atau problem sosial yang terjadi. Sementara itu, permasalahan umat yang sesungguhnya terabaikan.

Bukan berarti dakwah tidak perlu menanggapi permasalahan yang ada. Akan tetapi dalam konteks ini, ada beberapa hal yang harus ditegaskan. Pertama, berdasarkan paradigma Islam, segala problem kemasyarakatan maupun individual muncul akibat jauhnya manusia dari akidah dan syariat Islam. Kedua, karenanya, harus ada gerakan yang integral dan simultan untuk membenahi akibat umat dan menumbuhkan keberpihakan terhadap syariat Islam.

Paling tidak, ada dua syarat untuk bisa menyelesaikan persoalan ini: adanya kerja sama (amal jama’i) antara da’i dan kelompok dakwah; dan, terciptanya kondisi masyarakat yang mempunyai kesadaran dan wawasan Islam yang syamil (integral).

Namun, bagaimana mungkin terjalin amal jama’i yang harmonis, saling menguntungkan dan penuh ukhuwah jika terdapat  i’tizaziyyah dan intiqashiyyah? Mungkinkah masyarakat akan sampai ada tingkat pemahaman yang baik jika mereka tak diajak menyalami keutuhan Islam, akibat terjebak dengan fenomena dan isu temporer? Penyakit para dai ini harus diwaspadai. Jika tidak, ia bisa menimbulkan kehancuran dan kebinasaan.

2. Penyakit penyakit dakwah yang terkait dengan amaliyah (operasional)

a. Dakwah yang juz'iyah (bersifat parsial/lokal)

Dakwah ini hanya bersifat sektoralisme yang seharusnya sumuliyah (segala aspek).

b. Dakwah yang At Ta'lidiyah (Taklid)

Dakwah ini membuat para anggotanya hanya mengikuti sesuatu tanpa memahami dan mengetahui hujjah/dalilnya dari Al Quran dan Sunnah, sehingga akan tumbuh penyakit taqlid. Biasanya dakwah model ini malah akan memb dohi umat sehingga hanya ustadz, kyainya saja yang tahu tapi muridnya tetap bodoh. Biasanya guru dari dakwah model ini cukup mengajarkan cara cara ibadah (seperti sholat, dzikir) tanpa harus memaknai apa arti & hakekat dari ibadah tersebut.

Da’wah ini membuat para anggotanya hanya mengikuti sesuatu tanpa memahami. Dalam kelompok da’wah harus dilakukan secara bashiroh (hujjah yang nyata) sebagaimana Firman Allah : “Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik." ( Qs.Yusuf : 108).
Imam Hasan Al Bana menekankan dalam merumuskan pilar-pilar komitmen pada da’wah Islamiyah adanya 10 rukun bai’at pada rukun yang pertamanya dan utama adalah rukun Al Fahmu.

c. Dakwah yang Al Afwaiyah atau Al Irtijaliyah

Dakwah yang tidak mempunyai kejelasan, tidak ada sasaran dan perencanaan sehingga tidak ada yang dapat dievaluasi. Setiap anggota dakwah harus mempunyai wawasan kedepan sesuai dengan Firman Allah : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS Al Hasyr : 18).

d. Dakwah yang At Tarki'iyah

Dakwah yang tambal sulam yang seharusnya dakwah inqilabiyah yaitu menginginkan perubahan total. Ungkapan Sayyid Qutb "bagaimana mungkin dunia yang sekarang tenggelam dalam kejahiliyahan kemudian sekali kali meminta Islam memberikan solusi kepada permasalahan yang ada. Harusnya jalankan dulu Islam secara menyeluruh, baru menanyakan masih adakah masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh Islam". Dakwah ini harus menjelaskan kepada seluruh manusia ketika jalan hidup yang ditempuhbukan jalan Allah SWT sesungguhnya jalan tersebut adalah jalan yang
 bathil yang harus diingkari, dan mengajak umat manusia khususnya umat Islam kepada Islam yang kaffah (menyeluruh).

Sebagai solusi terhadap penyakit penyakit dakwah baik dalam ma'nawiyah atau amaliyah adalah dengan jalan membentuk Hizbullah, yaitu suatu tandzim (organisasi) dimana seluruh umat Islam masuk kedalam tandzim tersebut. Dizaman yang tidak tegak khilafah Islam seperti sekarang ini maka tidak dapat mengharapkan tandzim yang dapat menghimpun seluruh umat Islam. Sejak runtuhnya khilafah Islam terakhir yaitu Daulah Usmani di Turki pada tahun 1924. Sekarang ini muncul Jama'atul jama'atul minal Muslimin, seperti Ikhwanul Muslimin di Mesir, Hizbut Tahrir di Yordania, Jamaah Tabligh di Pakistan, Salafi di Arab Saudi dll. Ini merupakan usaha untuk memberikan suatu penawaran kepada umat Islam pentingnya ada hizbullah, untuk menghimpun umat Islam yang penataannya mendunia. yang sifatnya tunggal dengan
yang mempersatukan umat Islam yang disebut Jamaatul Muslimin. Sekarang ini belum ada jamaah Muslim, tetapi sudah terbentuk jamaah minal Muslimin dan diharapkan jamaah jamaah minal muslimin ini saling mendukung, berfastabikul khairat dan saling bekerja sama sebagai mitra dakwah, bukannya saling menjelek-jelekkan dan menjatuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan bila ada ketidakcocokan dan ketidaksepahaman, seyogyanya di utamakan dialog dengan semangat mencari kebenaran antara satu dengan yang lain dengan mengutamakan Ukhuwah Islamiyah.


Selain itu umat Islam dapat memulai untuk memperbaiki kelemahan-kelemahannya melalui penguatan barisan ummat. Dari munculnya Hizbullah dari suatu barisan umat Islam yang telah dihasilkan dari proses kaderisasi yang kader-kadernya mempunyai beragam potensi dan kafaah (keahlian) masing-masing dan merekan diberikan peluang seluas-luasnya untuk mengekspresikannya sehingga akan muncul proses proyeksi, promosi dan nominasi kepemimpinan yang akan datang. Dan proses itulah yang dilakukan Rasulullah saw ketika mulai menggagaskan penataan barisan umat Islam sejak di Mekkah. Kongkritnya dilakukan dengan small islamic invironment, harus membentuk kelompok-kelompok kecil, lingkungan pergaulan kaum muslimin yang berada didalam suatu proses kaderisasi tarbiyah yang dibimbing oleh seorang murabbi (pembina) yang mengoptimalkan potensi dan kafaah binaannya.


Sumber Bacaan :
1.  [Syahida.com] Sumber: Majalah Ummi No. 6 | XXVI
2. Rangkuman Ceramah Ust Ihsan Tanjung

Sumber: http://www.kabarduniaterkini.com/2018/01/amrud-ummah-fi-dakwah-penyakit-umat.html

No comments:

Post a Comment